DATAPOST.ID MEDAN — Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Medan menggelar Rapat Pemantapan kedatangan jemaah calon haji Kloter 1 di Asrama Haji Medan (Ahmed), Rabu (30/04/2025).
Hadir dalam kegiatan ini, Penjabat (Pj) Sekda Pemprov Sumut Effendy Pohan, Panitia Pendukung Penyelenggara Ibadah Haji (P3IH) dan Ketua PPIH yang merupakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi, S.Ag., MM serta Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenagsu Muhammad Yunus.
Dalam kesempatan itu, Kakanwil Kemenag Sumut H. Ahmad Qosbi Nasution, S.Ag., MM menegaskan, PPIH sudah memantapkan diri dan bersiap melayani jemaah calon haji dengan sepenuh hati.
Ketua PPIH ini juga dengan tegas mengingatkan semua petugas untuk siap sedia sesuai tugas yang diemban.
“Kita harus berkomitmen untuk bersama-sama melayani jemaah sepenuh hati. Tanam niat untuk saling membantu, memberikan yang terbaik. Jemaah adalah tamu Allah”, kata Ketua PPIH.
Ia juga mengatakan rapat tersebut memastikan semua bidang, seperti penerimaan jemaah, transportasi, akomodasi, konsumsi, administrasi, dan semuanya melaksanakan tugas berjalan dengan baik.
“Kita ingin memastikan agar seluruh bidang siap mengerjakan tugasnya dan kita meminta tanggapan untuk persiapan yang lebih tepat. Semuanya harus berjalan dengan baik dan lancar”, tambahnya.
Ketua PPIH juga berharap agar seluruh petugas bekerja sama dan tidak saling menyalahkan. Semua panitia berkomitmen dan bergandengan tangan, saling merangkul dan mencari solusi jika ada kendala terjadi.
Ia juga mengatakan tahun depan pelaksanaan Haji akan dilaksanakan oleh Badan Penyelenggara Haji (BPH).
“Prioritaskan pelayanan, kita harus saling bergandeng tangan, tetap semangat, dan kita raih lagi pelayanan terbaik untuk Embarkasi Medan tahun ini seperti tahun-tahun sebelumnya dan harus lebih baik lagi”, ungkap Kakanwil Kemenagsu.
Sementara Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut, Effendy Pohan selaku Koordinator PPIH mengungkapkan agar seluruh panitia berkolaborasi dan tetap dalam satu komitmen dengan tujuan melayani jemaah dengan maksimal.
Ia juga mengingatkan agar petugas haji memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji, serta memastikan tidak ada masalah terkait terkait pemberangkatan dan pemulangannya.
“Saya minta pekerjaan yang sudah berulang setiap tahun ini, jangan sampai mengalami masalah yang sama dan itu itu aja. Namun saya minta juga, jangan ada masalah baru terkait pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji nantinya”, pintanya.
Pj. Sekda menjelaskan, kunci meminimalisir kesalahan yakni tidak terputusnya komunikasi antara seluruh petugas haji. Ia juga meminta petugas haji untuk tanggap dan selektif mengatasi semua permasalahan pelayanan haji nantinya.
“Tidak memutus komunikasi adalah kuncinya, agar tidak terulang masalah tahun lalu ke tahun ini. Bila ada masalah baru maka harus dilaksanakan komunikasi dengan mencari solusi yang selektif. Kita harus harus memberikan dan fasilitas yang terbaik pada tamu”, ujarnya. (Red)